Pages

Batam Punya Monorel

Diposting oleh Syafri waldi




KOTA BATAM...!! semua orang Indonesia pasti sudah mengenalnya meski belum semua pernah ke Batam. Kota Batam adalah sebuah kota yang terdapat di provinsi Kepulauan Riau yang sangat cepat dalam pertumbuhan ekonominya,bahkan mengalahkan ibukota provinsinya sendiri yaitu Tanjung Pinang.

Kota Batam merupakan sebuah kota industri dan juga kota pariwisata,lokasinya yang berdekatan dengan Malaysia dan Singapura menjadi salah satu faktor penunjang bagi tumbuhnya perekonomian disini.

Kota batam merupakan jendela Indonesia bagian barat kedunia luar. Oleh karena itu kota ini terasa semakin sesak saja. Batam saat ini sudah jauh berbeda dengan Batam lima tahun yang lewat,saya sudah mulai melihat kemacetan dimana-mana,untungnya dalam hal ini Badan Pengawasan (BP) selaku pengelola Batam tidak tutup mata. Untuk mengatasi kemacetan tersebut Badan Pengawasan Batam bersiap membangun kereta api jenis monorel.

Rencana pembangunan sarana prasarana perkeretaapian Kota Batam segera terwujud. Mulai tahun 2014, pemerintah akan membangun tiga koridor dengan total panjang lintasan sekitar 60 kilometer dengan prioritas utama yakni jalur kereta api yang menghubungkan Bandara Hang Nadim-Batuampar dan Batam Center-Tanjunguncang.

Tiga koridor ini kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan, yakni Batuampar-Batuaji sepanjang 27,55 kilometer, Sekupang-Batam Center 16,48 kilometer dan Batam Kota-Nongsa 16,36 kilometer.

“Tapi prioritas pertama yang akan dibangun adalah jalur kereta api yang menghubungkan Bandara Hang Nadim-Batuampar sepanjang 19,6 kilometer dan Batam Center-Tanjunguncang sepanjang 17,7 kilometer,” ujar Tundjung Inderawan di sela-sela penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara pihaknya dengan BP Batam, kemarin (27/1).

Menurut dia, nilai investasi untuk pembangunan moda transportasi darat yang cepat dan murah ini sekitar Rp2,4 triliun.
Rencana pembangunan sarana prasarana KA Batam ini, menurutnya, mulai pada tahun 2014 nanti dan dapat dinikmati masyarakat atau beroperasi pada tahun 2017 mendatang.

Pemerintah kata dia telah menyusun master plan perkeretaapian Batam ini sejak tahun 2009 lalu dan ditindaklanjuti dengan feasibility study (FS)-nya setahun kemudian. Upaya ini dilanjutkan dengan penyusunan basic design untuk penetapan trase.

Jenis kereta api yang akan dioperasikan yakni monorail dengan perencanaan 13 stasiun untuk jalur Batam Center-Batuaji-Tanjunguncang serta 19 stasiun untuk jalur Bandara Hang Nadim-Batuampar.

Untuk jalur Batam Center-Batuaji-Tanjunguncang, stasiun utamanya berada di Mukakuning kemudian Batam Center, Perumnas, Batuaji, Sagulung, Aviari, Putri Hijau, Tembesi, Mukakuning (utama), Batamindo, Panbil, Simpang Kara, Politeknik dan Damri.

Sedangkan stasiun untuk jalur Bandara Hang Nadim-Batuampar yakni bandara, Batubesar, Bandara Mas, Pattimura, Batam Kota, Sukajadi, Sudirman, Simpang Jam, Baloi Permai, Batuselicin, Pasar Jodoh, Lancangkuning, Seraya, Bengkong, Pelita dan Batuampar.

Untuk pelaksanaan pembangunan jalur kereta api ini, Kepala BP Batam Mustofa Widjaja dan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Tundjung Inderawan resmi menandatangani MoU yang meliputi seluruh kegiatan rencana induk, studi kelayakan, pengoperasian, perawatan dan lainnya.
Jalur Monorel

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar